Samsung Galaxy A03 Core, Smartphone Murah Untuk Tahun 2022

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa yang terjadi pada ponsel entry-level, seperti yang harganya sekitar $100? Seperti bagaimana tidak banyak dari mereka sejak tahun 2020. Nah, ada alasan untuk ini, yang akan kami bahas dalam ulasan ini sehubungan dengan Galaxy A03 Core. Ini merupakan ponsel Samsung termurah yang dapat kamu temukan di pasaran saat ini.

Untuk performa, smartphone dari Samsung ini membekali semuanya dengan chipset yang mumpuni. Pabrikan disini menggunakan Unisoc SC9863A, yang merupakan chip berusia 3 tahun yang dibangun di atas proses 28nm. Akibatnya, kami cukup skeptis terhadap standar kinerjanya. Meskipun demikian, kami juga tahu bahwa kinerja ponsel tidak hanya ditentukan oleh hasil benchmark atau daya CPU mentah.

Perangkat lunak yang berjalan di atasnya juga memiliki peran besar. Untungnya, Samsung telah banyak berkembang di departemen ini. Perangkat baru ini dikirimkan dengan Android 11 Go Edition dengan One UI core di atasnya. Alih-alih mereka menggunakan One UI berbasis Android 11 standar yang terlalu berat untuk ponsel pemula seperti ini. Hasilnya, terasa lebih mulus dalam penggunaan sehari-hari jika dibandingkan dengan Redmi 9A dengan MIUI 12.

One UI Core Yang Ada di Samsung Galaxy A03 Core

Ini membawa kami ke skin Android khusus. Ini telah menjadi salah satu alat utama bagi merek smartphone untuk membedakan produk mereka dari pesaing. Meskipun ponsel kelas atas dapat memperoleh manfaat dari semua fitur yang dikirimkan dengan UI khusus dengan mulus. Namun ponsel kelas atas dapat menurunkan kinerja ponsel murah dengan menggunakan sumber daya yang berharga.

Dalam hal ini, Samsung One UI adalah pedang bermata dua. Di satu sisi, ia menawarkan fitur yang berguna seperti Penghemat Penyimpanan yang membantu menghemat ruang dengan zip aplikasi dan file yang tidak digunakan. Sementara itu, ini juga mengacaukan telepon dengan menawarkan dua browser yang dapat dicopot pemasangannya (Chrome, Samsung Internet Lite). Ada juga aplikasi perpesanan seperti Google Message dan juga Samsung Message.

Sebagai kesimpulan, Galaxy A03 Core tidak memiliki spesifikasi tercepat di atas kertas, tetapi Samsung telah mengoptimalkan perangkat lunak dengan baik untuk berjalan pada spesifikasi rendah. Kami melihatnya sebagai pilihan yang layak untuk orang yang mencari telepon starter dasar. Semuanya, mulai dari desain, tampilan, hingga baterai, sepadan dengan harganya.

Lihat Juga: